0895 7031 53072   admin@fiforlifnusantara.com

CARA MENGATASI SUSAH BUANG AIR BESAR

Konstipasi atau yang sering disebut susah buang air besar adalah kondisi dimana frekuensi BAB menjadi berkurang tidak seperti biasanya.

Setiap orang memiliki pola makan yang berbeda – beda sehingga bisa dikatakan kondisi setiap orang yang mengalami sembelit atau susah BAB berbeda – beda.

Namun jika selama lebih dari 3 hari atau seminggu buang air besar kurang dari 3 kali, bisa dikatakan sudah mengalami konstipasi.

Sebab struktur tinja setelah 3 hari cenderung keras dan lebih susah untuk dikeluarkan dalam proses buang hajat.

Apakah saat ini Anda tidak bisa buang air besar hingga seminggu ?

Berhati – hatilah, sebab bisa jadi organ pencernaan terutama usus besar Anda kondisinya sedang kurang sehat. Sehingga masalah ini jangan dianggap remeh.

Sebelum Anda membaca tips cara mengatasi sembelit sebaiknya Anda menyimak dulu faktor apa saja yang menyebabkan susah BAB.

PENYEBAB SUSAH BUANG AIR BESAR

Pola hidup yang tidak teratur

Gaya hidup yang tidak baik merupakan salah satu faktor penyebab utama timbulnya lemak ditubuh dan susah buang air besar. Terlebih jika orang tersebut jarang makan makanan berserat dalam menu makan hariannya.

Selain itu orang yang sering makan makanan dari olahan susu dan kurang mencukupi kebutuhan air bagi tubuhnya juga biasanya lebih sering terkena sembelit.

Jika Anda sering menunda BAB terlebih di pagi hari, entah karena terburu – buru, tidak ada waktu atau alasan lainnya maka bisa dipastikan tumpukan sampah yang seharusnya segera dibuang akan mulai mengeras dan menjadi sulit keluar.

Kehamilan

Hampir sebagian besar wanita yang sedang hamil mengalami sembelit selama kehamilannya. Sembelit tersebut terjadi akibat adanya tekanan pada usus yang menyebabkan seorang ibu hamil berpeluang susah BAB.

Selain itu selama proses kehamilan banyak diproduksi hormon progesteron yang berdampak pada kemampuan kontraksi usus yang berkurang sehingga menyulitkan buang air besar.

Faktor psikologis

Ternyata sembelit juga bisa menyerang mereka yang sedang mengalami masalah psikis, depresi, cemas, stress bahkan trauma.

Sebab hal tersebut mempengaruhi syaraf untuk menggerakkan peristaltik usus besar yang berperan penting dalam memberikan sinyal untuk BAB.

Dari beberapa faktor penyebab sembelit tersebut sebaiknya Anda segera mencari solusi mengatasi susah BAB supaya sampah sisa metabolisme tidak menumpuk dan meracuni sistem tubuh.

CARA MELANCARKAN BUANG AIR BESAR

Perbanyak makan makanan berserat

Makanan berserat adalah salah satu makanan yang harus Anda konsumsi untuk mengatasi susah buang air besar, karena bisa melunakkan tinja supaya lebih mudah keluar.

Carilah buah dan sayuran berserat tinggi seperti pepaya, semangka, kangkung dan bayam untuk membantu mengatasi susah buang air besar.

Mengkonsumsi makanan berserat setiap hari akan membantu untuk terhindar dari kelainan susah BAB sekaligus menurunkan berat badan secara alami.

Cukupi kebutuhan air mineral

Anda perlu memperhatikan kebutuhan air minum setiap hari untuk menghindari dehidrasi dan feses yang keras akibat kurang cairan.

Air putih juga memegang peranan penting dalam sistem pencernaan Anda yaitu menyeimbangkan metabolisme tubuh untuk menetralkan racun dan membuangnya.

Minumlah air putih yang cukup sesuai kebutuhan jangan berlebihan supaya perut tidak kembung dan organ ginjal tidak dipaksa bekerja keras.

Hindari fastfood

Jika Anda sering mengkonsumsi  nugget, kentang goreng bahkan burger maka mulai sekarang sebaiknya tinggalkan pola makan makanan tinggi lemak jahat dan rendah serat seperti itu.

Sebab selain menyebabkan susah buang air besar, makanan seperti itu membuat perut membuncit dan mengandung karsinogen yang dapat memicu sel kanker di usus besar.

Sehingga yang tadinya ingin membersihkan usus besar sampai tuntas yang terjadi malah menambah racun di dalam usus. Sayangilah usus Anda mulai dari sekarang !

Banyak bergerak

Orang yang jarang melakukan kegiatan fisik memiliki kecenderungan mengalami susah buang air besar yang lebih tinggi ketimbang orang yang sering berolahraga.

Sebab disaat sedang melakukan olahraga secara otomatis otot akan menstimulasi kontraksi pada usus besar yang berperan supaya lebih mudah dalam mengeluarkan tinja.

Melakukan olahraga ringan 20 menit dan 3 – 4 kali seminggu sudah cukup untuk bisa menjaga kontraksi otot usus besar yang baik dan berkesinambungan. Buktikan !

Membatasi makan makanan olahan dari susu

Susu memang baik untuk membantu kesehatan dengan beragam vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.

Namun di sisi lain susu juga memiliki kandungan lemak dan protein yang cukup tinggi dengan serat yang hampir tidak ada.

Sebaiknya Anda mengkonsumsi susu secukupnya saja dengan diimbangi makan makanan berserat ditambah air putih yang cukup untuk menghindari susah BAB dan perut menjadi buncit.

Salah posisi diatas WC ketika buang air besar

Tahukah Anda ? Journal of Medical Sciences menyatakan bahwa di dunia barat terdapat peningkatan signifikan kasus penyakit usus besar sangat kronis yang ternyata diakibatkan oleh penggunaan kloset duduk.

Pasalnya ketika menggunakan kloset duduk, rektum akan tertahan oleh otot purborectolis sehingga menyebabkan kondisi tidak lampias dalam BAB dan beresiko terjadi kerak karena sisa metabolisme pada lipatan usus yang tertahan tersebut.

Lambat laun kerak tersebut akan menumpuk dan membuat organ usus besar menjadi tidak sehat yang berujung datangnya berbagai penyakit akibat usus besar yang tidak sehat.

Pilihan terbaik untuk mengatasi susah buang air besar adalah dengan menggunakan kloset jongkok.

Bagi Anda yang terpaksa menggunakan kloset duduk, bisa diakali dengan memberikan dudukan pada kaki supaya bisa terangkat lebih tinggi. Setidaknya bisa membuat rektum menjadi lebih lentur.

CARA MENGATASI SUSAH BUANG AIR BESAR DENGAN PRODUK HERBAL

Jika Anda sudah terlalu sering mengalami konstipasi, maka sebaiknya diperlukan detoksifikasi pada usus besar supaya kotoran dan kerak yang sudah mengendap dapat dibuang keluar saat BAB.

Sebab dengan usus besar yang bersih dari racun karsinogen akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan terhindari dari masalah konstipasi.

Produk Fiforlif merupakan salah satu minuman herbal alami yang direkomendasikan langsung oleh pakar kesehatan Indonesia untuk melancarkan BAB sekaligus membersihkan kerak beracun di lipatan usus besar.

Bayangkan betapa banyaknya toksin yang sudah berkerak dalam usus besar semenjak Anda kecil sampai usia sekarang. Hal itu yang menyebabkan mulai timbulnya penyakit yang dimulai dari susahnya buang air besar akibat racun yang sulit keluar.

Fiforlif Super Fiber memiliki rasa blackcurrant yang segar dan enak dikonsumsi serta resmi BPOM yang berarti aman untuk dikonsumsi.

KESIMPULAN

Susah buang air besar atau konstipasi memang tidak enak rasanya. Pada halaman ini sudah dijelaskan beberapa hal yang paling sering menyebabkan sembelit dan juga bagaimana cara mengatasinya dengan memperhatikan tips penting yang perlu dilakukan termasuk meminum minuman herbal bernutrisi untuk kesehatan pencernaan Anda.

PROMO HARGA RESMI FIFORLIF

Melayani Pengiriman Ke Seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia

SERTIFIKASI & IZIN BADAN POM RI :

FIFORLIF mendapat sertifikasi resmi :

Sertifikasi ini untuk memastikan konsumen mendapatkan
produk yang resmi, berkualitas, halal, aman & berstandar internasional

error: Content is protected !